Minggu, 03 November 2013

Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer.
contoh: ser intruksi, jumlah bit, sinyal kontrol, interface, teknologi memori

sedangkan Arsitektur Komputer mempelajari atribut atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer atau bisa dikatakan arsitektur computer berkenaan dengan atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.
contoh: aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

Secara historis(sejarah), dan masih tetap berlangsung pada saat ini, perbedaaan arsitektur dan organisasi merupakan hal yang penting. Banyak pabrik Komputer yang sama memilki arsitektur yang menawarkan sekelompok model computer,yang semuanya memiliki arsitektur yang sama tapi berbeda dari segi organisasinya dan sebagai akibatnya model-model yang berbeda akan mempunyai harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda pula.suatu arsitektur akan bertahan selama bertahun-tahun namun organisasinya dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Contoh penting dari kedua fenomena ini adalah arsitektur IBM system /370. arsitektur ini diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1970 dan mengikuti sejumlah model. Pengguna yang memiliki kebutuhan yang sederhana dapat membeli model yang murah dan lambat, bila kemudian kebutuhannya meningkat maka model tersebut dapat di-upgrade menjadi model yang lebih mahal dan lebih cepat tanpa perlu mengganti software sebelumnya yang terlanjur dipakai. Dalam beberapa tahun, IBM telah membuat beberapa model baru yang menggunakan teknologi yang telah ditingkatkan untuk mengganti model lama. Model baru menawarkan kecepatan yang lebih baik, harga lebih murah, atau keduanya kepada pelanggan. Model baru ini mempertahankan arsitektur yang sama sehingga modal pelanggan yang telah ditanamkan untuk software dapat dilindungi. Arsitektur system /370 dengan sedikit penyempurnaan dapat bertahan hingga saat ini dan mempertahankan dirinya sebagai produk IBM.
Didalam kelas system yang disebut mikrokomputer, hubungan antara rancangan organisasional dan arsitektural atau Hubungan antara Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer sangat dekat. Perubahan teknologi tidak hanya berpengaruh pada organisasi namun juga pada hasil yang terjadi pada arsitektural yang lebih baik dan kaya. Pada umumnya terdapat sedikit persyaratan bagi kompatibilitas antara generasi yang satu ke generasi lainnya pada mesin-measin kecil ini dengan demikian terdapat pengaruh yang lebih kuat antara keputusan rancangan orgasnisasional dan arsitektural. Sebuah contoh yang mengenai masalah ini adalahreduced instruction set computer.

RISC, yang jika diterjemahkan berarti "Komputasi Kumpulan Instruksi yang Disederhanakan", merupakan sebuah arsitektur komputeratau arsitektur komputasi modern dengan instruksi-instruksi dan jenis eksekusi yang paling sederhana. Arsitektur ini digunakan pada komputer dengan kinerja tinggi, seperti komputer vektor. Selain digunakan dalam komputer vektor, desain ini juga diimplementasikan pada prosesor komputer lain, seperti pada beberapa mikroprosesor Intel 960, Itanium (IA64) dari Intel Corporation, Alpha AXP dari DEC,R4x00 dari MIPS Corporation, PowerPC dan Arsitektur POWER dari International Business Machine. Selain itu, RISC juga umum dipakai pada Advanced RISC Machine (ARM) dan StrongARM (termasuk di antaranya adalah Intel XScale), SPARC dan UltraSPARCdari Sun Microsystems, serta PA-RISC dari Hewlett-Packard.

1 komentar :

  1. Saya juga punya referensi tentang sistem dan arsitektur komputer, bisa dicek dialamat ini http://mycomputerarchitecture.blogspot.com/
    penjelasan yang cukup bagus dan mudah dimengerti

    BalasHapus