Rabu, 19 Februari 2014

     Jika anda pernah belajar komputer mengenai web pages pasti pernah mendengar, HTML adalah kepanjangan dari Hyper Text Markup Language, Hyper yang berarti banyak, Text berarti tulisan dan Markup Language berarti bahasa yang memakai notasi modern untuk mudah dibedakan (<> - </>), jadi HTML adalah bahasa yang memakai tulisan markup yang banyak. Oleh karenanya jika kita melihat script HTML banyak tulisan yg berawal dengan <bla-bla-bla> dan diakhiri dengan </bla-bla-bla> atau lebih dikenal dengan HTML Tag, Tag HTML digunakan untuk mendeskripsikan dokumen dari HTML itu sendiri seperti <title></title> merupakan deskripsi untuk judul HTML. HTML sering disebut dengan Web Pages atau lembaran Web.

     Dalam kesempatan ini saya ingin menjelaskan cara untuk membuat dokumen HTML sehingga bisa di tampilkan di browser internet seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau browser internet lainnya. ikuti langkah berikut ini


  1. Buka Notepad anda atau jika ingin memakai applikasi khusus membuat HTML seperti sublime text, klik disini untuk download.
  2. Tag pembuka HTML dengan menulis <html> (sebagai pengenal bahwa tulisan yg di buat adalah dalam format web page) kemudian tutup dengan tag </html>.
  3. Buat kepala tulisan HTML dengan tag <head></head>
  4. Diantara tag <head> </head> Buat tag untuk judul halaman HTML dengan tag <title> dan tulis judulnya terserah anda sebelum tag akhir </title>.
  5. Setelah selesai dengan tag <head> kita buat tag <body> untuk isi halaman HTML nya.
  6. Jika ingin membuat judul paragraf gunakan <h1> jangan lupa ditutup dengan </h1>
  7. Ketik paragraf yang anda inginkan dengan <p> </p>.
  8. Untuk membuat garis baru gunakan <br/>.
  9. Simpan file (save as) dengan format .html contoh : latihan1.html
         Tampilannya akan kurang lebih seperti: 


Jika dibuka di browser akan terlihat seperti:



0 komentar :

Posting Komentar