Rabu, 05 Agustus 2015

Electric Eye, suatu teknologi kesehatan yang baru-baru ini dikembangkan oleh MIT. Electric eyes diciptakan untuk membantu mereka para penyandang tuna netra yang ingin dapat melihat seperti manusia normal lainnya. Sensor yang ada pada alat ini berfungsi untuk menggantikan syaraf-syaraf mata yang selanjutnya dikirim menuju otak.

Electric Eye terdiri dari chipmikro dan kaca mata khusus. Kaca mata tersebut dilengkapi dengan kamera, sehingga kaca mata itu bisa menangkap gambar. Selanjutnya pencitraan yang sudah diambil ditransmisikan ke mikrochip. Mikrochip sendiri ditanam di dalam mata  yang dihubungkan dengan syaraf-syaraf retina.mikrochip tersebut terbuat dari titanium agar tidak rusak terkena cairan. Menurut penelitian, jika retina mata diberi rangsangan listrik, maka syaraf pada retina akan mengirimkan sinyal ke otak lalu orang tersebut dapat melihat sesuatu.

Begitu pula dengan teknologi Electric Eye, pencitraan dari kamera ditransmisikan ke mikrochip titanium, setelah mikrochip mengolah pencitraan kamera, selanjutnya mikrochip mengirimkan sinyal/impuls listrik ke syaraf pada retina. Syaraf ini akan meneruskan impuls ke otak sehingga orang buta dapat melihat pencitraan tadi. Sampai saat ini teknologi Electric Eye masih dikembangkan untuk meningkatkan performa dan keamanannya.



Sumber:
www.time.com
http://asus21.blogspot.com/2014/03/ini-dia-teknologi-teknologi-tercanggih.html
http://trooper09.blogspot.com/2010/07/electric-eye.html

0 komentar :

Posting Komentar